Selasa, 16 November 2010

Salah satu rekomendasi topik artikel yang diusulkan oleh pembaca blog ini melalui widget Skribit adalah: "Tentang cara membuat kontes yang banyak pesertanya" (sayang, tidak ada nama pemberi rekomendasi ini sehingga saya tidak bisa memberikan backlink).

Ya, membuat kontes adalah salah satu cara untuk mempromosikan blog yang semakin hari semakin populer. Sejatinya, promosi blog memang bukanlah soal main-main. Promosi dalam dunia blogging sebenarnya justru memakan setidaknya 80-90% dari seluruh sumber daya yang Anda miliki. Jika konten adalah produk Anda, maka sebagian besar tenaga, pikiran dan biaya selanjutnya harus dikerahkan untuk mempromosikan blog Anda.

Dengan membuat kontes untuk blog Anda, ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan.

Beberapa diantaranya adalah:

- buzz marketing
- viral marketing
- mendapatkan pembaca baru
- menjaga pembaca lama
- mendapatkan dukungan backlink
- membangun komunitas pembaca blog
- meningkatkan page views
- meningkatkan partisipasi pembaca blog

Saya sendiri kebetulan memiliki pengalaman memanfaatkan kontes sebagai sarana promosi untuk blog ini. Medio Maret-April 2008 yang lalu, saya sempat mengadakan "Blogguebo Review Contest", sebuah kontes untuk mereview blog ini dengan hadiah total uang tunai senilai 2 juta rupiah. Kontes itu sendiri sengaja saya pergunakan sebagai sarana promosi blog dan sekaligus sebagai sarana eksperimen teknik-teknik promosi blog yang selama ini saya pelajari.

Hasilnya? Memang luar biasa.

Setidaknya dari catatan saya pribadi, setelah ajang kontes tersebut saya adakan, traffic dan page views blog ini menunjukkan peningkatan yang cukup berarti. Selain itu, readership, jumlah pelanggan RSS dan jumlah anggota komunitas MyBlogLog saya pun meningkat cukup signifikan.

Lalu bagaimana tips-tips membuat kontes yang sukses untuk blog anda?

Jika Anda ingin memanfaatkan kontes sebagai sarana promosi blog, barangkali Anda tertarik menyimak seri artikel "Tips Membuat Kontes Yang Sukses untuk Blog Anda" yang akan saya tulis di blog ini.

Seri artikel ini nantinya akan terdiri dari 2 bagian yakni:

Bagian 1: Keuntungan dan Kerugian Membuat Kontes Untuk Blog Anda
Bagian 2: Tips-Tips Sukses Membuat Kontes Untuk Blog Anda

Sambil menunggu, jika Anda memiliki pengalaman, ide dan masukan untuk seri artikel Seri Promosi Blog ini, jangan sungkan-sungkan untuk membagikannya melalui kolom komentar di blog ini.

0 komentar:

jadi-blogger.html" target="_blank">
Blogger Indonesia

Visitor

free counters The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

Translate

Live Traffic Feed

  • Welcome Message

Diberdayakan oleh Blogger.

Sahabat Umum Blog

About Me

Archive

Kajian.Net