Selasa, 16 November 2010

Artikel ini merupakan artikel blogger tamu (guest blogger) dari Herman Yudiono. Jika Anda ingin menjadi guest blogger di Blogguebo.com, silahkan menyimak ketentuannya disini.

Pelanggan RSS merupakan salah satu parameter kesuksesan blog. Semakin banyak pelanggan RSS sebuah blog, semakin sukses blog tersebut.

Mengapa?

Pertama, tidaklah mudah untuk meyakinkan pengunjung untuk berlangganan. Kedua, tidak mudah pula untuk meyakinkan pengunjung agar tetap berlangganan. Jadi, hanya blog berkualitaslah yang banyak memiliki pelanggan.

Berangkat dari pemahaman di atas, pelanggan RSS merupakan salah satu target saya sejak aktif ngeblog pertengahan tahun lalu. Sampai Oktober tahun lalu, pelanggan RSS saya adalah 65. Sebuah permulaan yang relatif bagus, namun saya ingin lebih dari jumlah tersebut. Oleh karena itu, saya melakukan beberapa trik untuk mencapainya. Alhamdulilah sampai bulan Februari ini (4 bulan kemudian) pelanggan RSS saya berlipat ganda menjadi 160.

Walapun jumlah tersebut relatif kecil, namun bagi saya cukup berarti dan disyukuri. Oleh karenanya, dalam artikel ini saya ingin berbagi 5 trik yang saya lakukan, yang mungkin saja bermanfaat bagi Anda.

1. Menulis Artikel Yang Unik dan Bermanfaat
Sering saya bertanya kepada diri sendiri, mengapa saya berlangganan RSS Blogguebo, Problogger, dan yang lainnya? Jawabannya adalah artikel mereka unik dan bermanfaat bagi saya. Dalam pemahaman saya, artikel unik adalah artikel yang pembahasannya mendalam berdasarkan penelaahan, asli (bukan copy paste artikel orang lain), dan membumi (bukan teori semata). Ketiga faktor ini jelas bermanfaat bagi saya yang notabene adalah pemula.

Berdasarkan hal di atas, saya berupaya membuat artikel yang unik dan bermanfaat bagi pengunjung. Untuk membuat artikel unik, tak jarang saya harus melakukan riset online , membaca beragam referensi, dan pengalaman sendiri.

Sebagai contoh, beberapa bulan lalu saya melakukan riset online kecil-kecilan mengenai blog blogging terbaik Indonsia yang saya ranking berdasarkan PR, Alexa, Technorati Rank, dan pelanggan RSS. Dari puluhan blog yang saya telaah, muncullah 5 blog terbaik di mana Blogguebo adalah salah satunya.

Bagaimana membuat artikel yang bermanfaat bagi pengujung? Trik yang saya lakukan adalah dengan melakukan poling dan membuat artikel dari pertanyaan pengunjung. Dari kedua hal sederhana tersebut, saya sangat terbantu membuat artikel yang ingin diketahui pembaca blog saya.

2. Menempatkan Form Berlangganan di Tempat Yang Mudah Dilihat
Saya menggunakan form berlanggan via feed dan email. Agar pengunjung melihatnya, saya menempatkan kedua form tersebut di sidebar paling atas dan di bawah artikel. Selain itu, saya juga memodifikasi kode HTML form berlangganan sehingga sedikit berbeda dengan form berlangganan pada umumnya.

3. Memberikan Insentif E-book Gratis
Saya memberikan insentif e-book gratis bagi yang berlangganan. Karena saya belum mampu membuat e-book sendiri, insentif ini berupa e-book orang lain yang memang diijinkan untuk disebarluaskan sehingga saya tidak melanggar hak cipta. Untuk membuat link download e-book ini muncul di akhir setiap artikel feed, saya menggunakan plugin RSS footer.

4. Menjadi Blogger Tamu
Menjadi blogger tamu merupakan salah satu cara saya untuk mempromosikan diri dan memperkenalkan diri kepada khalayak blogger. Bagi saya, menjadi blogger tamu jauh lebih efektif daripada blogwalking. Faktanya, semenjak menjadi blogger tamu di Blogguebo melalui artikel 6 ciri nama domain dan perayaan pencapaian blog, pelanggan RSS saya pelan tapi pasti bertambah.

Beberapa pengunjung blog saya menyatakan bahwa mereka kurang percaya diri untuk menjadi blogger tamu. Jika Anda dalam kondisi seperti ini juga, ada baiknya Anda membaca 10 Tips Jitu Menjadi Blogger Tamu. Tips-tips ini merupakan pengalaman saya menjadi blogger tamu di Blogguebo.

5. Mengedukasi dan Mengingatkan Pengunjung
Tidak semua pengunjung blog mengerti apa itu RSS dan bagaimana cara berlangganannya. Untuk mengatasinya, saya membuat halaman khusus mengenai definisi RSS dan cara berlangganannya. Tujuannya adalah untuk mengedukasi pengunjung yang belum mengetahuinya.

Fakta menarik lain adalah hampir 75 % pengunjung blog saya yang berlangganan melalui email tidak mengaktifkan link berlangganannya sehingga mereka tidak memperoleh artikel terbaru dan insentif yang ditawarkan. Oleh sebab itu, saya membuat artikel tentang pentingnya mengkatifkan link berlangganan via email. Semenjak itu, pelanggan RSS bertambah pula.

Itulah trik-trik yang saya lakukan untuk meningkatkan pelanggan RSS.

Bagaimana dengan Anda? Senang sekali jika Anda mau berbagi pengalaman melalui kolom komentar di blog ini.

0 komentar:

jadi-blogger.html" target="_blank">
Blogger Indonesia

Visitor

free counters The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

Translate

Live Traffic Feed

  • Welcome Message

Diberdayakan oleh Blogger.

Sahabat Umum Blog

About Me

Archive

Kajian.Net