Selasa, 16 November 2010

Pengantar:
Artikel ini merupakan bagian pertama dari dua artikel "Seri Promosi Blog: Tips Membuat Kontes Yang Sukses Untuk Blog Anda" yang akan hadir secara berseri di blog ini. Bagian pertama kali ini akan mengulas tentang keuntungan dan kerugian membuat kontes untuk blog.

Membuat kontes untuk blog pada dasarnya memiliki keuntungan dan juga kerugian. Dengan mengenali terlebih dahulu apa saja keuntungan membuat kontes untuk blog Anda, setidaknya Anda akan lebih cermat mempersiapkan syarat, hadiah, peserta dan waktu kontes sesuai dengan tujuan akhir kontes yang Anda buat. Demikian halnya, dengan memahami terlebih dahulu kerugian membuat kontes untuk blog, Anda akan semakin berhati-hati agar tidak mendapatkan hasil kontes yang tidak sesuai dengan tujuan Anda.

Dalam artikel ini kita akan mencoba melihat apa saja keuntungan dan kerugian membuat kontes untuk blog Anda.

Keuntungan Membuat Kontes Untuk Blog Anda
Beberapa keuntungan membuat kontes untuk blog Anda diantaranya adalah:

1. Mendapatkan Pembaca Baru
Salah satu tujuan utama membuat kontes untuk blog adalah untuk mendapatkan pembaca baru. Dengan kata lain, membuat kontes menjadi sarana untuk mempromosikan blog Anda kepada pengunjung yang baru pertama kali membaca blog Anda. Jika Anda mempersiapkannya dengan benar, membuat kontes untuk blog bisa sangat efektif meningkatkan jumlah pembaca baru bagi blog Anda.

2. Menciptakan Buzz dan Viral Words
Membuat kontes untuk blog juga bisa menjadi sarana yang sangat bagus untuk mempromosikan blog Anda dengan menciptakan buzz words atau viral words. Semakin besar efek "Wow" yang mampu Anda ciptakan dengan kontes di blog Anda, maka semakin besar pula audiens pembaca blog yang akan mengunjungi blog Anda. Kontes dengan hadiah besar ataupun dengan ide unik biasanya berpeluang besar menciptakan efek promosi yang lebih besar pula.

3. Menjaga Pembaca Lama
Selain sebagai sarana promosi, membuat kontes untuk blog Anda juga bisa menjadi sarana untuk menjaga kesetiaan pembaca lama blog Anda. Dengan membuat kontes, Anda bisa memberikan sekedar penghargaan atau apresiasi kepada mereka yang telah setia berkunjung dan menjadi pembaca blog Anda. Misalnya, Anda bisa membuat kontes khusus untuk pelanggan RSS blog Anda dan memberikan hadiah khusus kepada mereka yang rajin memberikan komentar di blog Anda.

4. Membangun Komunitas Blog
Jika melakukannya dengan benar, membuat kontes untuk blog juga bisa menjadi sarana untuk membangun komunitas blog Anda. Salah satu strategi umum yang biasa dilakukan adalah dengan memberikan syarat tertentu untuk mengikuti kontes, misalnya dengan keharusan untuk menjadi anggota komunitas MyBlogLog blog Anda atau menjadi anggota forum yang Anda miliki. Dengan syarat seperti ini, Anda akan menambah jumlah anggota komunitas blog Anda dan sekaligus mempromosikannya ke audiens pembaca yang lebih luas.

5. Mendapatkan Backlink
Keuntungan membuat kontes untuk blog yang paling saya sukai adalah adanya peluang untuk mendapatkan backlink dari peserta kontes yang Anda adakan. Kontes berjenis review biasanya relatif bagus jika tujuan Anda membuat kontes adalah untuk mendapatkan backlink dalam jumlah besar. Dengan membuat kontes review, Anda bisa memberikan syarat adanya tautan link tertentu yang menuju ke blog Anda dengan kata kunci tertentu sesuai topik blog yang ingin Anda promosikan. Kontes jenis ini biasanya akan memberikan hasil berupa dukungan backlink yang pada gilirannya akan mendongkrak PR dan posisi blog Anda di Google SERP (Search Engine Result Pages).

6. Meningkatkan Page Views
Keuntungan lain membuat kontes adalah untuk meningkatkan page views blog Anda. Salah satu caranya misalnya adalah dengan meminta peserta kontes yang Anda adakan untuk memberikan komentar di arsip lama artikel blog Anda (sebagai salah satu syarat kontes), sehingga akan meningkatkan jumlah page views blog Anda.

7. Meningkatkan Partisipasi Pembaca
Membuat kontes untuk blog juga bisa menjadi media interaksi dan partisipasi pembaca blog Anda. Jika Anda mempersiapkannya dengan benar, sebuah kontes akan menjadi kesempatan bagi Anda untuk mendekatkan pembaca blog dengan Anda dan juga dengan pembaca blog Anda yang lain.


Kerugian Membuat Kontes Untuk Blog Anda
Sementara itu, selain terdapat keuntungan yang cukup banyak, membuat kontes untuk blog juga memiliki resiko kerugian. Beberapa kerugian tersebut diantaranya adalah:

1. Biaya Kontes Lebih Besar Ketimbang Keuntungan Yang Didapat
Salah satu resiko membuat kontes untuk blog Anda, jika tidak dipersiapkan secara matang, adalah banyaknya biaya yang Anda tanggung tidak sesuatu dengan keuntungan yang Anda inginkan. Misalnya, biaya hadiah kontes yang harus Anda keluarkan lebih banyak ketimbang tujuan promosi yang Anda rencanakan untuk blog Anda. Bisa jadi, dengan biaya yang sama Anda malah bisa mempromosikan blog Anda melalui program-program PPC lokal semacam KlikSaya atau KumpulBlogger, secara lebih efektif dan berhasil.

2. Hasil Kontes Tidak Seperti Yang Diharapkan
Sama halnya dengan poin pertama, jika tidak dipersiapkan secara matang, membuat kontes bisa jadi akan memberikan hasil tidak seperti yang Anda harapkan. Misalnya, Anda merencanakan sebuah kontes komentar terbanyak dengan tujuan untuk menciptakan buzz words mengenai blog Anda. Karena pilihan jenis kontes yang salah, tentu saja tujuan menciptakan buzz words tidak akan tercapai.

3. Banyak Peserta Kontes Yang Tidak Mendapatkan Hadiah
Salah satu kelemahan membuat kontes adalah tidak semua peserta kontes akan memenangkan lomba. Artinya, hanya sedikit diantara peserta kontes yang merasa senang, dan ada lebih banyak peserta kontes yang merasa sedih (jika tidak merasa kecewa) karena tidak mendapatkan hadiah kontes yang Anda adakan. Efeknya, jika Anda gagal melakukan follow-up dengan benar, setelah kontes usai, pengunjung blog Anda tidak akan menunjukkan peningkatan yang berarti.

4. Cukup Banyak Waktu dan Tenaga Tersita
Jika Anda hendak membuat kontes untuk blog Anda, saran saya, bersiap-siaplah untuk meluangkan lebih banyak waktu dan tenaga ekstra selama berlangsungnya kontes. Kenapa? Karena lazimnya ketika Anda membuat kontes, Anda akan menerima berbagai tanggapan, baik melalui email ataupun komentar, yang harus Anda jawab. Demikian halnya dengan syarat-syarat kontes yang biasanya harus Anda pantau dan approved secara pribadi. Tugas-tugas ini belum ditambah dengan rutinitas posting Anda yang sebisa mungkin harus tetap natural dan tidak terganggu oleh agenda kontes yang Anda adakan.

5. Negative Buzz Words
Kerugian ini jarang terjadi, namun jika Anda tidak berhati-hati, maksud hati berpromosi apa daya caci maki yang Anda dapatkan. Maksudnya, ketika Anda gagal mengelola sebuah kontes dengan benar (dan profesional) bukan tidak mungkin akan terjadi komplain dari para peserta kontes Anda (misal, kontes yang tidak jelas persyaratannya, atau kontes yang gagal memberikan hadiah sesuai yang dijanjikan). Jika Anda gagal menepati janji seperti yang Anda sampaikan kepada peserta kontes, maka bukan tidak mungkin selanjutnya akan tersebar berita tidak sedap tentang kontes yang Anda adakan (dan juga tentang Anda pribadi dan blog Anda). Sayang bukan?

Membuat kontes untuk blog memang bisa menjadi salah satu pilihan termudah untuk mempromosikan blog Anda. Namun demikian, bila tidak dipersiapkan secara matang (dan apalagi asal-asalan), bisa jadi bukan hasil positif yang Anda dapatkan, melainkan justru kerugian baik material (uang) maupun nama baik (Anda dan blog Anda). Karenanya, mempersiapkan sebuah kontes secara matang sebelum memutuskan untuk mempublikasikannya adalah sesuatu yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Dalam bagian kedua seri artikel ini nanti saya akan mencoba mengulas secara lebih detail tips-tips bagaimana cara mempersiapkan sebuah kontes untuk blog Anda, memilih jenis kontes, menentukan tujuan kontes, menentukan peserta kontes, menentukan hadiah dan akhirnya mempublikasikan kontes yang terbukti sukses untuk blog Anda.

Semoga bermanfaat. :)

0 komentar:

jadi-blogger.html" target="_blank">
Blogger Indonesia

Visitor

free counters The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku

Translate

Live Traffic Feed

  • Welcome Message

Diberdayakan oleh Blogger.

Sahabat Umum Blog

About Me

Archive

Kajian.Net